UM Bima Kirim 510  Mahasiswa KKN Angkatan 3 Untuk Kembangkan Kepemimpinan dan Pemahaman Sosial Bermasyarakat

 WartaUmBima,- Universitas Muhammadiyah Bima  (UM Bima) mengirimkan 510 orang mahasiswa untuk mengikuti program Kuliah Kerja Nyata (KKN)  Angkatan Ke 3 Tahun 2024 ke 23 lokasi di wilayah Kota Bima, Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu.

Pelepasan ini berlangsung pada Senin, (1/7/2024), di Halaman Kampus Universitas Muhammadiyah Bima.

Ketua Badan Pembina Harian UM Bima Gufran, S. Sos, M. H memberikan motivasi kepada para mahasiswa untuk selalu dekat dengan masyarakat dan menjaga nama baik Universitas Muhammadiyah Bima.

“ Jaga nama besar dan nama baik persyarikatan Muhammadiyah dan Universitas Muhammadiyah Bima. Ilmu pengetahuan yang anda miliki diabdikan untuk masyarakat ,” pesannya.

Wakil Rektor 1 UM Bima Dr. (Cand) Syamsuddin,S.H,M.H  dalam sambuatanya menekankan pentingnya inklusivitas dan kontribusi UM Bima dalam pembangunan bangsa.

“Pelepasan 510 orang mahasiswa ini adalah bentuk komitmen UM Bima dalam membangun bangsa melalui pemberdayaan masyarakat,” ujarnya.

Selama di lokasi KKN, mahasiswa diharapkan dapat memetakan persoalan  memberi solusi atas akses sumber daya, serta melakukan kegiatan pelestarian lingkungan sebagai respon terhadap perubahan iklim.

Kepala LPPM Um Bima Darmin,S.KM,M.Kes, melaporkan bahwa program KKN ini melibatkan 24 posko  yang tersebar di wilayah Kota Bima, Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu.

mahasiswa akan melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata dari tanggal 1 Juli 2024 hingga 30 Agustus 2024, didampingi oleh 108 Dosen Pembimbing Lapangan dan 23 Koordinator Wilayah.

Darmin menambahkan bahwa pengalaman KKN ini sangat penting untuk pengembangan karakter kepemimpinan mahasiswa sebagai calon pemimpin masa depan.

“Sebuah usaha tidak harus dimulai dari skala besar, tetapi konsistensi, ketekunan, kualitas, dan inovasi adalah kunci kesuksesan,” ujar Darmin.

Selama di lokasi KKN, mahasiswa diharapkan tidak hanya mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari tetapi juga mengembangkan keterampilan sosial dan kepemimpinan.

“Kita bisa kuat jika kompeten, berani jika berintegritas, dan harus selalu jujur serta profesional. Lulusan UM Bima harus kuat. KKN melatih kita untuk hidup bermasyarakat,” kata Darmin.

Dengan program KKN  ini, UM Bima tidak hanya mengirim mahasiswa untuk belajar dari masyarakat, tetapi juga untuk berkontribusi nyata dalam pemberdayaan dan pembangunan komunitas lokal, menegaskan peran universitas sebagai agen perubahan sosial. (Humas)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top